Pesona dan Keunikan dari Ikan Kulit Pasir di Dasar Laut

Pesona dan Keunikan dari Ikan Kulit Pasir di Dasar Laut

Ikan Kulit Pasir, juga disebut sebagai Ikan Kepiting, adalah jenis ikan laut yang sangat dicari di kuliner lautan Indonesia. Dagingnya lembut, putih, dan memiliki rasa yang lezat. Namun, menangkai ikan ini tidak mudah. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan rahasia Iikan Kulit Pasir, dari habitat dan perilaku sampai ke cara menangkai dan memasaknya.

Habitat dan Perilaku

Ikan Kulit Pasir ditemukan di daerah pantai dengan lantai pasir atau tanah liat, seperti estuarium, laguna, dan bay. Ia preferensi area dengan tumbuhan laut atau oyster reefs, di mana ia dapat menghidup di dalam crevice dan menembakkan preya. Ikan Kulit Pasir adalah ikan solitar dan territorial, dimana laki-laki menjaga wilayah mereka dari pemusnah lain. Mereka juga aktif malam untuk mencari makanan.

Cara Menangkai

Menangkai Ikan Kulit Pasir memerlukan sabar, ketakutan, dan sedikit keberuntungan. Berikut adalah beberapa tips untuk menangkai ikan ini:

1. Gunakan bait hidup: Ikan Kulit Pasir ditaruh oleh bait hidup seperti mullet atau sand perch. Jaga bait hidup dengan menimbunnya dalam sebuah wadah hidup atau kontainer yang diselaraskan.

2. Berburu malam: Sebagai ikan malam, berburu malam meningkatkan kesempatan anda untuk menangkai iikan ini karena mereka lebih aktif malam.

3. Gunakan alat berat: Ikan Kulit Pasir bisa mencapai panjang badannya sebanyak 30 cm dan berat sebanyak 1 kg. Gunakan alat berat seperti rod dan reel dengan berat antara 50-100 lb untuk memberikan anda kesempatan terbaik untuk menangkai iikan ini.

4. Berburu di sekitarnya: Ikan Kulit Pasir suka menghidup di sekitarnya tumbuhan laut atau oyster reefs. Berburu di sekitarnya meningkatkan kesempatan anda untuk menangkai iikan ini karena mereka lebih sering ditemukan di sana.

5. Siap untuk melawan: Setelah anda melawan ikan ini, siaplah untuk melawan karena Ikan Kulit Pasir dikenal sebagai ikan yang sangat menggugat. Jaga jaring anda teguh dan gunakan rod anda untuk mengendali gerakannya.

Cara Memasak

Ikan Kulit Pasir memiliki rasa yang lezat dan ringkar yang membuatnya cocok untuk masakan laut Indonesia. Berikut cara memasaknya:

1. Bakar: Penggorengan memberikan rasa gurih ke dalam daging Iikan Kulit Pasir serta memberikan aroma wangi ke dalam masakannya. Marinasi iikan dalam campuran saus soy sauce, bawang putih, jahe, dan cabe rawit sebelum memasaknya di atas api tinggi selama beberapa menit di sisi yang satu sampai itu matang. Siram dengan saus cabe rawit atau saus tartar saja!

2. Merebus: Merebus adalah cara masak yang sehat untuk menggolong rasa aslinya dari daging Iikan Kulit Pasir. Masukkan ikatanku hitam ke dalam panci beserta daun seledri dan daun bawang selama 10-15 menit hingga matang. Siram dengan saus soy sauce dan nasi putih panas saja!

3. Goreng: Goreng memberikan tekstur krispi kepada daging Iikan Kulit Pasir serta memberikan aroma gurih ke dalam masakannya. Balur ikatanku hitam dalam campuran terigu, tepung jagung, garam, dan merica sebelum memasaknya dalam minyak panas selama beberapa menit di sisi yang satu sampai itu matang. Siram dengan saus cabe rawit atau saus tartar saja!

12 January 2024 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - BS Golds